Kenapa Toyota Tidak Membuat Motor dan Yamaha Tidak membuat Mobil

 Mengapa Toyota Tidak Membuat Motor dan Yamaha Tidak membuat Mobil

'' gagal diupload. Invalid response: Unexpected token U in JSON at position 0

Hai aswad sebenarnya tentu saja Toyota pernah membuat motor dan Yamaha pernah membuat mobil tapi yang dimaksud disini adalah membuat untuk dipasarkan dan dijual ke publik secara luas sebelum aku cerita Kenapa sih kok Yamaha tidak membuat mobil dan Toyota tidak membuat motor Yamaha itu awalnya didirikan sebagai pabrik pembuat alat musik tahun 1887 oleh torakusu Yamaha dan baru pada tahun 1955 mereka membuat sepeda motor artinya sang pendiri waktu itu sudah tidak ada torakusu Yamaha itu sendiri beliau itu meninggal tahun 1916 ya Nah alasan kenapa Yamaha itu membuat sepeda motor sebenarnya tidak sengaja jadi pada tahun 1903 Yamaha mulai memproduksi juga perabotan kayu untuk kelas premium Nah karena saat itu masa perang militer Jepang meminta Yamaha untuk membuat baling-baling pesawat tempur baling-baling pesawat tempur saat itu dibuat dari bahan kayu ya teman-teman ya tapi setelah tahun 1945 perang selesai Jepang kalah pabrik-pabrik itu dilarang membuat produk untuk tujuan perang nah akibatnya mesin-mesin penganggur perusahaan bingung ini mesin nganggur enaknya dipakai apa ya hingga setelah melakukan riset pasar diputuskan untuk membuat sepeda motor sementara untuk Toyota awalnya Ia adalah perusahaan penghasil mesin tenun di generasi kedua keichiro toyoda anak dari sakichi toyoda sang pendiri toyoda lebih tertarik untuk membuat mobil Alasannya karena di Jepang saat itu tahun 1920 1931 mobil-mobil yang berseliweran di jalan-jalan kota itu mobil produksi Amerika ini dia resah dong Masa nggak ada mobil produksi dalam negeri Ia pun bertekad suatu hari nanti akan membuat mobil Jepang sendiri singkat cerita toyoda pun berhasil membuat mobilnya sendiri nah lalu dengan sejarah yang panjang kesulitan yang akhirnya bisa diatasi kegagalan demi kegagalan yang akhirnya bisa dijadikan pelajaran Kenapa sih kok Yamaha itu tidak membuat mobil dan Toyota tidak membuat motor padahal kan sama-sama produk otomotif alasan pertama dan yang paling menjawab pertanyaan adalah ya karena mereka pernah mencoba dan hasilnya gagal pada tahun 1949 salah satu karyawan perusahaan Toyota mendirikan Toyota Motor namun pada tahun 1960 perusahaan itu bangkrut awalnya sih cukup sukses ya mereka mampu menjual 10.000 unit di tahun pertama Wah itu sudah sangat bagus sekali no pada tahun itu tapi diduga empat kalah bersaing yang mana di Jepang pada saat itu banyak memunculkan produk sepeda motor seperti Honda Yamaha Suzuki dan lain-lain Tokyo motor pun bangkrut sementara Yamaha pun pernah mengeluarkan produk mobilnya Ia memang kalau untuk sekedar membuat perusahaan-perusahaan itu tentu bisa tapi untuk menjualnya adalah persoalan lain banyak pertimbangannya apalagi di dalam pasar otomotif yang persaingannya itu sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang juga bermain disana kan produsen itu kalau mau jualan butuh menciptakan produk yang baru teknologi yang lebih baik desain yang lebih menarik kalau sekedar buat jadi mah gampang teman-teman Kalau Perhatikan ya setiap produk otomotif itu hadir entah itu motor atau mobil pasti ada hal barunya Gan Entah itu teknologinya design-nya sesuatu yang fresh nah yang seperti itu Butuh pemikiran yang lama melibatkan banyak tenaga ahli percobaan yang berulang-ulang waktu yang tidak sebentar hanya itu sangat tinggi itu aja ketika produknya hadir Tapi beratnya tidak dipercaya masyarakat kemungkinan besar juga tidak laku dan merek itu tidak selalu menjadi jaminan ya ketika sebuah produk baru itu diluncurkan meskipun itu dibuat oleh brand atau perusahaan yang terkenal tidak selalu akan berakhir dengan produk yaitu terjual dengan Gemilang tentunya akan sangat mengecewakan kan jika perusahaan sudah bikin produk baru tapi akhirnya tidak diterima pasar sudah bikin itu biayanya tinggi waktu yang dibutuhkan buat membuat ulama yang mikir banyak orang nggak laku lagi pastinya bikin nyesek kan dan tentu saja bagi Yamaha dan Toyota dalam rencana membuat produk baru Pasti sudah melakukan tes pasar mereka tahu mana baik data produk yang bakalan laku sekedar laku kurang laku tapi masih bisa dikembangkan atau produk yang bakal susah lakunya atau yang paling parah sudah modalnya jelas gede tapi apakah laku atau tidak itu masih ragu-ragu jadinya ini Tentu saja sangat beresiko Hai yang kedua masalah distribusi produsen otomotif Tentu saja tidak hanya sekedar menjual dan mendistribusikan tapi juga butuh tindakan setelah penjualan atau dikenal dengan istilah after sales motor atau mobil butuh perawatan kan itu tentunya butuh perlakuan khusus tempat khusus butuh lagi tim khusus karena itu toko penjualan motor atau mobil mesti khusus yang besar yang representative yang memiliki fasilitas untuk menyediakan itu butuh biaya tinggi beda misalnya produk itu adalah produk umum gampangnya kopi sachet Misalnya ini aku Contohkan perbandingan produk yang jomplang ya biar ketahuan dasar pertimbangannya mendistribusikan kopi sachet tidak butuh tempat khusus seringkali produk itu ya dititipkan ke tempat penjualan yang sudah ada toko kelontong pasar Indomaret Swalayan di onlinekan juga bisa lah kalau mau jualan produk otomotif masa dititipkan ke toko Hai pupuk ya kan nggak bisa kan jadi memang produsen itu perlu menyediakan toko khusus tadi sehingga tentu saja untuk masalah distribusi itu Ya tentu saja memang perlu sangat dipikirkan [Musik] KYT helm Kenapa kok Yamaha tidak membuat mobil dan Toyota itu tidak membuat motor karena biaya untuk membuatnya itu mahal Mari bandingkan kembali lagi dengan produk umum seperti kopi sachet ya itu sekali lagi contoh mudahnya aku bandingkan dengan dua hal yang jomplang biar ketahuan dengan jelas perbedaannya biaya untuk membuat produk kopi sachet tentu tidak murah butuh peralatan mesin juga nyari formula yang pas juga tidak mudah butuh tenaga ahli juga butuh waktu tapi tindakan itu jauh lebih murah daripada membuat produk motor atau bahkan mobil belum lagi inovasinya ketika produk kopi baru muncul niru rasa dari pesaing kemungkinan diterima pasarnya itu masih besar ketika Luwak White Koffie to success ABC mengeluarkan varian yang sama penjualannya juga lumayan Good Day top Kapal Api bahkan Tropicana Slim bikin mengeluarkan rasa yang sama pun baik-baik aja penjualannya artinya inovasi itu perlu untuk produk umum seperti ini tidak berinovasi itu produk dan cenderung masih bisa diterima pasar ambil contoh lain pasta kece variasi produk baru memang bagus contoh close-up warna biru dulu masih keluar uh ramai aku tuh langsung beli pengen nyobain tapi ujung-ujungnya balik lagi ke close-up yang warna ijo Pepsodent juga varian ini kan yang paling laris kayaknya dari zamannya simbahku ya baik-baik aja penjualannya meskipun dengan desain yang kurang lebih sama produknya sama penjualannya masih sama-sama bagusnya Coba kalau itu adalah produk otomotif yang dijual Yamaha itu foswan terus atau Toyota jualan ini terus kan nggak mungkin kan bisa bakalan laku terus masalah harga juga menjadi pertimbangan yang lainnya ketika orang hendak membeli produk yang harganya murah tidak dibutuhkan pertimbangan yang mendalam untuk orang itu memutuskan untuk membeli contohnya laki-laki kopi sachet ada ANTV ada kopi baru harga berapa sih Oh 1525 bikin minum kalau nggak enak ya udahlah besok nggak usah beli lagi sesuatu yang tidak mungkin terjadi di produk otomotif mobil motor nih orang itu tentu butuh pertimbangan yang mendalam apalagi mobil punya uang nih lihat iklan di TV meskipun tertarik Tapi masih belum mantap terus datang ke pameran lihat detail mobilnya tanya-tanya test drive review mobil di YouTube pertimbangannya lama jadi diperlukan usaha yang ekstra keras dari produsen agar konsumen itu memilihnya bikin produk susah distribusi enggak mudah belum lagi tentu nanti butuh iklan dan alat pemasaran kan biar orang itu memutuskan untuk membeli produknya dan tentu saja usaha itu tidak mudah dan tidak murah tidak ada satupun perusahaan yang produknya tidak mengalami siklus hidup lahir diperkenalkan tumbuh selalu mati semuanya tuh mengalami moprak HP produk kecantikan motor mobil semuanya mengalami yang dulunya canggih produk bagus bisa dianggap ketinggalan zaman usang karena itu perusahaan melakukan riset yang tentu ongkos nya itu sangat tinggi membuat produk baru atau melakukan inovasi beberapa perusahaan karena memiliki citra yang demikian baiknya di masyarakat ketika mengeluarkan produk baru produknya itu akan diterima orang itu sudah percaya tapi bagi perusahaan yang citranya kurang kuat meskipun bikin produk bagus banyak orang yang tidak percaya dan ke produknya itu kurang bagus faktornya apa Tentu saja sangat banyak bahkan ada yang laris di sebuah negara tapi di negara lain penjualannya jelek padahal produknya sama dan jangankan perusahaan barunya perusahaan besar pohon yang sudah berpengalaman tidak selalu produk barunya diterima pasar contoh ya teman-teman Kalau merasa bahwa iPhone itu bagus Sebenarnya ya sedang bagus aja Hai suatu ketika juga nanti akan mati tapi dengan pengembangan produk memahami selera masyarakat menyesuaikan diri terus berkembang sebuah produk bisa memperpanjang masa sedang bagusnya itu karena itu enggak heran ya tiap tahun iPhone itu mengeluarkan share terbaru sama juga dengan yang lainnya Oppo Vivo Xiaomi Samsung pun melakukan pengembangan dan apakah pengembangan produk yang baik untuk membuat penjualnya tinggi membuat penjualannya sukses diterima pasar tidak juga BlackBerry dulu bagus sekarang nggak ada lagi yang pakai kan apakah karena dia tidak melakukan pengembangan kan tidak tapi karena pengembangan produknya tidak diterima masyarakat saat itu yang diterima adalah pengembangan produk dari HP yang lain dan banyak lagi faktor lainnya yang menentukan Sama juga seperti Yamaha dan Toyota sekarang sedang menikmati penjualan produk mereka yang bagus Apakah bakal turun ya pasti dong karena itu mereka melakukan inovasi pembaruan memahami pasar dan berusaha memenuhinya dan karena itu butuh sumber daya yang besar ya tentu lebih baik kan Kalau dana riset itu dicurahkan ke produk yang benar-benar sudah diterima Yamaha di motor dan Toyota di mobil kayaknya kalau Yamaha mengeluarkan motor sih terbaru itu kan orang-orang pasti sudah percayakan Begitu juga dengan Toyota telah mengeluarkan produk mobil kayak apa juga yang menanti-nanti tuh sudah banyak

Tidak ada komentar untuk "Kenapa Toyota Tidak Membuat Motor dan Yamaha Tidak membuat Mobil"